Rabu, 06 Januari 2016

Tempat Wisata Pulau Satonda yang Eksotis dan Tersembunyi

Tempat Wisata Pulau Satonda - Satonda merupakan destinasi wisata yang telah menjadi buah bibir dari para fotografer dan traveler. Karena tepat ditengah pulau Satonda sendiri terdapau danau Satonda yang merupakan danau air asin dan sangat luar biasa indahnya. Yang membuat pulau Satonda ini dapat terkenal hingga ke mancanegara ialah dikarenakan dahulunya ada 2 orang ilmuwan Eropa, yakni Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak yang meneliti danau satonda di tahun 1984, 1989 dan terakhir 1996 dengan menyimpulkan bawha Satonda merupakan fenomena yang sangat langka dikarenakan air asinnya memiliki tingkat kebasaan sangat tinggi dibanding air laut pada umumnya.
Pulau Satonda yang Eksotis
Wisata Pulau Satonda
Pulau Satonda sendiri terletak di kabupaten Dompu, nusa tenggara barat, yang uniknya karena berupa darata daerah vulkanis yang dibentuk karena letusan gunung api yang ada didasar laut yang kedalamannya 1000 meter sejak jutaan tahun yang lalu. Pulau Satonda menyimpan kekayaan alam terumbu karang yang ada diperairan sekitar. Pada tahun 1999 oleh Menteri Kehutanan dan Perkebunan menjadikan pulau Satonda menjadi Taman Wisata Alam Laut (TWAL) karena potensi alam laut dengan kekayaan terumbu karang. Danau yang ada di tengah pulau Satonda ini dibentuk dari letusan Gunung Satonda beribu - ribu tahun silam. Untuk mencapai pulau Satonda ini memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan perjalanan darat dari kota Dompu, Nusa Tenggara Barat. kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu cadik bermotor dari desa terdekatnya yakni desa Nangamiro. Perjalanan dengan menggunakan  perahu memakan waktu sekitar 1 jam lamanya, dengan tarif Rp. 25.000 perorang. Atau bisa juga dengan menggunakan kapal persiar mulai dari pulau Bali ataupun Lombok, dan mengambil rute jurusan Flores. Setelah sampai dipulau Satonda dapat menikmati Pulau dengan cara trekking selama 1,5 jam kebukit untuk melihat dari atas suasana pulau Satonda.
Gambar Pulau Satonda



Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata pulau Satonda yang eksotis dan tersembunyi. Untuk mengetahui mengenai tempat wisata lainnya dapat mengunjungi blog tempat wisata. Semoga bermanfaat.

Tempat Wisata Pulau Satonda yang Eksotis dan Tersembunyi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yanti Okatia

0 komentar:

Posting Komentar